Pages

Wednesday, October 7, 2015

15 Manfaat Dan Cara Obat Tradisional Buah Lengkeng :

Buah Lengkeng
Gambar Buah Lengkeng
Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan, atau duku, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.

Kegunaan
Buah-buah ini terutama dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng, terutama yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Seperti halnya lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin kadang-kadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.

Kayu lengkeng dan kayu bedaro(Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

15 Manfaat Dan Cara Obat Tradisional Buah Lengkeng :

1. Anti-depresan

Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Membantu kerja jantung dan limpa
Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.
3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah
Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Diet
Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

6. Sumber energi
Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

7. Mencegah Demam dan Flu 
Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

8. Kesehatan kulit
Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

9. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular
Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

10. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut
Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

11. Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare
Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

12. Luka bakar
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

13. Luka luar yang tak kunjung sembuh
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

14. Mengatasi Jari kaki gatal dan bernanah
Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

15. Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)
“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.

Sumber ; Wikipedia