Pages

Wednesday, October 7, 2015

Kadar Gizi Dan 4 Manfaat Ketela Pohon

Ketela Pohon
Gambar singkong
Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Penggunaan
Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, baik untuk pengidap alergi.

Kadar gizi
Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram
Perlu diketahui bahwa ketela pohon mengandung mineral, vitamin, anti oksidan, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Setelah Anda membaca informasi yang diberikan berikut, silakan untuk mempraktikkannya karena aman dan sehat. Lalu, apa saja manfaat ketela pohon bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Ketela pohon mengandung beta karoten yang menjadi bahan utama dari manfaat antioksidan. Selain itu, ketela pohon mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi dan fosfor. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur, bukan tidak mungkin berbagai penyakit dapat menjauh dari tubuh. Apalagi jika dengan melakukan gaya hidup sehat setiap hari. Tentu saja dapat semakin menjaga daya tahan tubuh sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

2. Mencegah Peradangan dan Pembengkakan

Pembengkakan atau peradangan disebabkan oleh kuman penyakit yang telah menginfeksi bagian tubuh tertentu. Tentu saja pembengkakan tersebut disertai rasa nyeri dan sakit yang luar biasa. Untuk mencegah pembengkakan seperti itu, bisa dengan mengkonsumsi ketela pohon karena mengandung zat anti peradangan, seperti betakaroten, magnesium, dan manfaat vitamin C. Bahkan bahan ketela pohon yang dibuat menjadi ramuan tertentu, secara efektif akan meredakan peradangan atau pembengkakan.

3. Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh

Ketela pohon yang cukup berserat dapat membantu menahan cairan di dalam tubuh untuk keluar. Dengan begitu, keseimbangan cairan di dalam tubuh dapat dijaga. Hal ini sangat penting karena sebagian tubuh manusia terdiri atas cairan dalam bentuk yang berlainan. Jika kekurangan atau kelebihan cairan secara umum dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. 

4. Suplemen alami pembangun otot tubuh

Bagi sedang melakukan program body building atau pembentukan badan dengan otot-otot yang lebih menonjol dan terbentuk, biasanya melakukan olahraga fitness. Hal ini sering disertai dengan mengkonsumsi suplemen tertentu yang dapat membuat ketagihan pada tubuh. Namun masalahnya, setelah rutin mengkonsumsi suplemen seperti itu, saat menghentikan mengkonsumsinya dapat membuat tubuh lemas.

Oleh karena itu, silakan coda untuk mengkonsumsi ketela pohon yang bisa meningkatkan pertumbuhan massa otot. Hal itu dikarenakan ketela pohon mengandung karbohidrat, mineral, dan vitamin yang dapat diserap oleh otot dengan mudah. Dengan mengkonsumsinya, tubuh tidak perlu engalami efek samping negatif, seperti saat mengkonsumsi suplemen berbahan kimia.

Sumber : Wikipedia