Pages

Wednesday, October 7, 2015

Manfaat Buah Jeruk Kelubi

Pokok Kelubi
Gambar Jeruk Kelubi
Kelubi, asam kelubi, asam paya atau salak hutan adalah sejenis tumbuhan dalam keluarga pokok palma yang terdapat di Asia Tenggara. Nama saintifik ialah Eleiodoxa conferta. Pokok ini hampir sama rupanya dengan pokok nipah tetapi lebih kecil. Tumbuh di kawasan hutan paya. Mempunyai buah yang sangat masam. Buahnya dijeruk dengan sedikit garam dan dinamakan jeruk kelubi.

Manfaat Buah Kelubi
Pokok kelubi adalah genus monotypic tumbuhan berbungadalam keluarga arecaceae
Dengan rasanya yang asam dan sepat, mengindikasikan bahwa buah kelubi sebenarnya kaya akan vitamin C dan baik untuk menyembuhkan jerawat. Meskipun memang belum ada penelitian pasti, namun rasa asam identik dengan adanya asam askorbat dalam buah dan rasa sepat bisa menjadi astringent baik untuk kulit, yaitu senyawa yang akan mengecilkan pori-pori.

Jika tidak bisa dimakan langsung, maka buah kelubi akan sangat baik dijadikan masker wajah terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat. Caranya, ambil 3 buah kelubi dan blender halus, bubuhkan langsung ke wajah dan leher hingga merata. Diamkan hingga 30 menit dan bilas dengan air dingin.

Sumber : Wikipedia