Pages

Thursday, February 18, 2016

Buah kokosan Dan manfaatnya

Fhoto Buah kokosanKokosan merupakan salah satu dari varietas buah duku. Nama lain dari buah kokosan ini memiliki nama lain pisitan, bijitan atau pijetan. Buah kokosan ini memiliki nama latin L. domesticum var. aquaeum.

Pohon dari buah kokosan ini memiliki daun berbulu dengan kulit buahnya memiliki warna kuning tua. Butir buahnya berbentuk kecil dengan kulitnya yang tipis dan memiliki getah serta sukar ketika dikupas. Sehingga buah ini jika dimakan dengan cara menggigitnya atau Anda dapat memijatnya sehingga kulitnya dapat pecah dan bijinya dapat keluar.

Bentuk dari pohon kokosan ini hampir sama dengan pohon duku. Daging buahnya berwarna kuning kemerah-merahan dengan biji relatif besar dan berdaging tipis, dan berair. Kokosan umumnya berasa masam sampai masam sekali.

Kandungan Nutrisi Buah Kokosan
Buah Kokosan mengandung energi sebesar 86 kilokalori, protein 1,6 gram, karbohidrat 13 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 22 miligram, fosfor 38 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Kokosan juga terkandung vitamin A sebanyak 20 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 3 miligram.

Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari buah kokosan, seperti:
  • Buah kokosan memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  • Kulit buah dan biji dari kokosan dapat dimanfaatkan untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  • Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  • Sebagian orang juga percaya, benalu dari pohon kokosan dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
  • Bubuk biji digunakan untuk mengurangi demam, dan kulit digunakan untuk mengobati malaria dan sengatan kalajengking.