Pages

Saturday, August 19, 2017

BAKSO IKAN EKOR KUNING

Bakso ikan ekor kuning memiliki tekstur yang sedikit kasar dan berwarna sedikit putih. Namun begitu masuk mulut, bakso ini terasa lembut dengan tekstur sedikit kenyal daging ikan ekor kuningnya begitu terasa. Tambahan kuah kaldu yang gurih menjadikan setiap gigitan bakso ikan ekor kuning ini begitu nikmat untuk disantap.

Ikan ekor kuning sendiri merupakan jenis ikan yang hidup berkoloni dengan gerakan-gerakan yang sangat cepat dan lincah. Ikan ekor kuning biasanya memangsa plankton-plankton dan ikan-ikan kecil. Habitat ikan ekor kuning banyak ditemui di perairan Karimujawa dan biasanya menjadi incaran nelayan yang mencari ikan di wilayah sekitar Karimunjawa.

Kita lanjut saja ke resep nya biar gak lama cerita nya !!!

Resep Bakso Ikan Ekor Kuning

GAMBAR BAKSO IKAN KUNINGBahan – Bahan Bakso Ikan Ekor Kuning :
  • 600 Gram daging ikan ekor kuning.
  • 1 Butir putih telur
  • 1 Sendok teh garam
  • 1 Sendok teh merica bubuk
  • 3 – 4 Sendok teh air es
  • 1/2 Sendok teh kaldu bubuk
  • 3 Sendok makan tepung maizena
  • 4 Sendok makan tepung sagu tani

Cara Membuat Bakso Ikan Ekor Kuning Karimunjawa Enak :

1. Siapkan daging ikan ekor kuning, pisahkan daging dan kulitnya menggunakan pisau tajam atau kerok menggunakan sendok. Ikan jenis ikan ekor kuning, duri yang banyak cukup merepotkan namun ikan ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasanya manis.

2. Jika anda menggunakan food processor, anda cukup masukkan daging ikan ke dalam alat dan proses hingga halus. Cara lainnya adalah dengan mencincang daging ikan di talenan hingga hancur dan lembut.

3. Masukkan daging ikan ke dalam food processor, proses hingga daging hancur dan membentuk gumpalan. Bersihkan serpihan daging yang menempel di bagian sisi-sisi mangkuk food processor, dan proses kembali selama 30 detik.

4. Masukkan putih telur dan air es, proses kembali hingga adonan menjadi halus dan tercampur rata. Tambahkan merica bubuk, garam, dan kaldu bubuk, proses hingga tercampur baik. Cicipi rasanya, jika kurang garam tambahkan. Pada tahap ini adonan terlihat kenyal, smooth dan shiny. Keluarkan adonan, tuangkan ke permukaan talenan, taburi tepung maizena dan aduk rata dengan tangan.

5. Jika anda tidak menggunakan food processor, cincang daging ikan di talenan hingga hancur dan halus. Tambahkan merica, garam, kaldu bubuk dan tepung maizena. Cincang dan campur rata semua bahan.

6. Siapkan mangkuk berisi air es di meja kerja anda. Basahkan tangan anda dengan air atau celupkan kedua tangan anda di air es.

7. Ambil adonan ikan di talenan kemudian bantingkan adonan ke permukaan talenan. Lakukan kegiatan ini beberapa kali. Jika adonan ikan terasa lengket di tangan, celupkan tangan kembali di air es dan lakukan proses membanting ini hingga adonan terasa sangat halus, kenyal dan lentur ketika di sentuh. Tekstur seratnya terlihat kompak dan menyatu. Perlu sekitar kurang lebih 10 kali bantingan, terlalu banyak justru akan membuat adonan menjadi keras.

8. Jika proses ini telah selesai, ambil segenggam adonan kemudian tekan sehingga sebagian adonan akan keluar dari permukaan genggaman tangan anda. Ambil adonan yang keluar menggunakan sendok yang dibasahi di air dan masukkan bulatan adonan ke dalam air es. Lakukan hingga semua adonan habis. Diamkan adonan di dalam air es selama 30 menit. Saya memasukkan mangkuk berisi bakso dan air es ke dalam kulkas.

9. Siapkan panci, isi dengan air secukupnya, didihkan. Masukkan bulatan bakso yang telah direndam air es ke dalam air mendidih dan rebus hingga bakso mengapung. Angkat dan tiriskan bakso.

10.Bakso pun siap anda olah menjadi aneka masakan seperti mie bakso, mie goreng, atau cap cay atau masukkan ke dalam wadah rapat dan simpan di freezer untuk penggunaan lebih lanjut.